Faktor Yang Membuat Kata Kunci Susah Masuk Halaman Satu

Faktor Yang Membuat Kata Kunci Susah Masuk Halaman Satu

Berikut pembahasan penting mengenai beberapa faktor yang membuat kata kunci target susah masuk halaman satu Search Engine Google, padahal Anda sudah melakukan berbagai teknik SEO On Page dan SEO Off Page. Masalah ini pasti akan selalu muncul pada setiap pemilik website. Ada banyak orang yang sudah melakukan kerja maksimal namun hasil yang di dapat masih jauh dari harapan.

Ada berbagai teknik optimasi yang memang perlu dijalankan, namun harus juga disertai dengan analisa yang baik dan peningkatan kualitas dari website itu sendiri. Beberapa faktor tersebut akan Tim Satu Digital jelaskan dan semoga dapat membantu membuka wawasan dan mampu meningkatkan ranking kata kunci Anda.

Umur Website

Berbicara mengenai website, maka kita harus mengetahui umur website kita. Apakah website kita sudah berjalan cukup lama? Jika belum, maka kemungkinan besar kata kunci yang menjadi target pantas saja menjadi susah untuk ditingkatkan. Umumnya website yang baru lahir baru dapat di optimasi SEO Off Page minimal di bulan kedua setelah proses Development Website selesai. Optimasi kata kunci yang menjadi target dipilih yang termudah namun tetap memiliki pengunjung.

Hasil optimasi kata kunci akan dapat dirasakan peningkatannya secara bertahap setiap bulannya. Perlu menjadi perhatian Anda bahwa umur website juga harus sebanding dengan kualitas website dan konten yang berada di dalamnya. Bila umur website sudah berjalan 6 bulan, namun tidak ada optimasi yang dilakukan sama sekali, maka kualitas website pun akan diam ditempat. Hal ini juga yang membuat website Anda tidak memenangkan persaingan kata kunci di Google dan pasti membuat bisnis Anda akan semakin lemah. Berikut link untuk cek umur website “Whois“.

Konten Website

Sampai saat ini di tahun 2018 teknik SEO masih berbicara mengenai soal konten website. Perlu diketahui bahwa Search Engine Google sangat menyukai website yang Aktif dan memberikan Konten Berkualitas dan bermanfaat setiap hari nya. Konten dapat berupa artikel blog, news dan informasi penting yang masih berhubungan dengan bisnis Anda.

Blog News Satu Digital SEO Kata Kunci Google

Adapula konten berkualitas dengan tidak melakukan tindakan PLAGIAT terhadap konten yang telah hadir di Search Engine Google. Semakin melakukan tindakan PLAGIAT di dalam konten website, maka yang terjadi adalah target kata kunci bukannya meningkat malah akan turun dan hilang dari peredaran. Untuk cek apakah artikel atau wording text yang dibuat plagiat atau tidak dapat di cek disini “Plagiarism Checker“.

Baca Juga :  Fungsi dan Kegunaan Bahan Rockwool

Dengan membuat berbagai konten bermanfaat, maka yang terjadi adalah website Anda menjadi ramai pengunjung dan menjadi mudah meningkatkan kata kunci terkait dengan lebih cepat. Sebaiknya Anda membuat berbagai konten tersebut pada area Blog / News di website.

Kualitas Website

Kualitas website juga berpengaruh terhadap meningkatnya kata kunci website. Tim Satu Digital akan membaginya menjadi UI dan Struktur Kode. Dalam UI maka tampilan website harusnya memiliki paduan warna yang nyaman di mata pengunjung. Tatanan letak menu, gambar, widget dan berbagai elemen lainnya juga sebaiknya tersusun rapih. Adapun tampilan Responsive pada tampilan Mobile juga harus dijalankan di tahun 2018 ini. Hal ini karena peningkatan pengunjung dari Smartphone akan terus meningkat dibanding dengan pengunjung dari Dekstop.

Pada UI sebaiknya memiliki berat setiap halaman kurang dari 1mb atau bahkan dibawahnya (300-700kb). Semakin cepat loading website maka akan semakin baik, karena memberikan efek juga terhadap peningkatan kata kunci website dan kenyamanan bagi pengunjung. Bila terlalu berat maka yang terjadi adalah peningkatan Bounce Rate yang akan membuat website susah meranking di Search Engine.

Satu Digital Meta Tag Website SEO Friendly

Untuk Struktur Kode sebaiknya memiliki elemen dasar dari Schema, Meta Tag dan H1H4. Ketiga elemen tersebut harus ada di setiap halaman website, karena akan mempermudah robot Search Engine untuk mengindetifikasikan website Anda dan kemudian melakukan Crawl halaman tersebut (Index).

Analisa Website

Analisa sangat diperlukan agar website dapat dengan mudah memenangkan banyak kata kunci di Search Engine Google. Analisa dapat dilakukan dengan menganalisa Kata Kunci dari tingkat persaingan, struktur website lawan dan hal lainnya yang masih berhubungan dengan teknik SEO On Page dan Off Page. Kumpulkan data analisa kata kunci dan lawan Anda dari kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga :  Tips Optimasi Gambar Agar SEO Friendly dan Berkualitas

Analisa kata kunci dapat dengan mudah dilakukan melalui Tools Google yang bernama Webmaster, Keyword Planner dan Analytics. Ketiga Tools Google ini mampu membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat dengan tingkat persaingan yang lebih mudah dan lebih cepat untuk dapat meranking. Tahun 2018 pun Webmaster dan Analytics telah mendapatkan Update yang sangat membantu para profesional SEO untuk menganalisa website sendiri dan website lawan.

Halaman Satu Digital Google Search Engine Optimization SEO Friendly

Dengan analisa website Anda pun menjadi tahu bagaimana membuat Title dan Description yang baik untuk halaman Home, About, Contact, Service, Product, News dan setiap halaman lainnya. Dengan analisa Anda dapat pula membuat Wording Text yang baik bagi setiap halaman yang akan di optimasi.

Bila kata kunci masih susah halaman satu, kemungkinan besar karena Anda masih lemah dalam melakukan Analisa Website (Pemilihan Kata Kunci). Lakukan analisa sesering mungkin pada website lawan dan kata kunci, maka Anda pasti dapat merumuskan hal apa saja yang masih kurang dan perlu dilaksanakan ke website bisnis Anda.

Target Kata Kunci Website

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai target kata kunci website. Memiliki website yang memenangkan kata kunci susah adalah suatu kebanggan dan memiliki nilai yang sangat berarti bagi perkembangan bisnis Anda. Namun memenangkan kata kunci dengan tingkat kesusahan yang tinggi tidak bisa didapatkan begitu saja. Apalagi website Anda belum mempunyai kualitas yang baik.

Sebaiknya jangan langsung mengoptimasi kata kunci yang memiliki tingkat kesusahan yang sangat tinggi. Mulai lah dengan meningkatkan kata kunci mudah yang sudah tersedia di report Webmaster (Natural Keyword). Contoh kasusnya seperti ini:

Anda memiliki website bisnis sewa mobil dengan target kata kunci utama Sewa Mobil. Maka sebaiknya Anda mengambil kata kunci yang menjadi target adalah kata kunci yang lebih mudah seperti ditambah kata Area (Jakarta, Bandung, Depok, Malang, Surabaya, dll), Jenis Mobil / Tipe Mobil (Avanza, Innova, Alphard dan lainnya) dan memiliki kata tambahan seperti Murah, Harga, Harian, Mingguan, Bulanan, Online, Lepas Kunci, Sopir dll. Atau tambahkan kata Sinonim seperti Rental, Per Hari, Supir dan lainnya. Atau mengambil kata kunci yang telah hadir di Webmaster Google.

Baca Juga :  Tips Memilih Lampu LED Yang Bagus Untuk Rumah

Dengan mengoptimasi kata kunci mudah sampai sedang, hal ini akan berpotensi lebih baik ketimbang hanya mengoptimasi kata kunci utama saja. Teknik ini pun sama dilakukan oleh berbagai website bisnis lainnya.

Off Page Website

Optimasi kata kunci dapat dilakukan dengan teknik SEO Off Page, yaitu mengatur penyebaran link ke berbagai tempat (Backlink) dengan tujuan membangun kerangka Link Building yang baik bagi pergerakan posisi setiap kata kunci yang ditargetkan. Penyebaran link dapat dimulai dari membangun Social Media, Dummy Blog dan berbagai teknik link building lainnya. Agar terdeteksi secara natural maka menjalankan teknik SEO Off Page dapat dilakukan secara acak dan terus menerus.

Kebanyakan pemilik website kurang memahami seluk beluk dan waktu untuk menjalankan teknik SEO Off Page website karena telah habis waktunya dalam menjalankan bisnis tersebut. Maka dari itu Anda juga dapat memanfaatkan pembangunan Link Building dengan menggunakan Jasa SEO, seperti yang tersedia di Satu Digital. Jasa SEO Satu Digital telah banyak meningkatkan berbagai kata kunci yang memiliki potensi bagi perkembangan bisnis klien dengan cara natural dan aman.

Social Media Satu Digital SEO Kata Kunci Google Indonesia

Hal standar yang dapat dijalankan dalam pembangunan signal Link Building adalah dengan membagi link ke berbagai Social Media seperti Fanpage Facebook, Twitter, Linkedin, Pinterest dan Social Media terkenal lainnya. Sebaiknya membagikan informasi yang tidak monoton, namun baiknya membagikan link informasi bermanfaat seperti tips, trik, trend dan pembahasan yang masih berhubungan dengan bisnis yang dijalankan seperti pengenalan produk dan jasa. Penasaran seperti apa caranya? Cek artikel ini “Manfaat Blog Untuk Kepentingan Bisnis“.

Dengan melakukan hal tersebut akan mampu mendorong rasa penasaran dan minat membaca dari pengunjung website. Dan pastinya akan membantu meningkatkan peringkat kata kunci di Google. Sekian pembahasan mengenai beberapa faktor yang sebaiknya menjadi jawaban kenapa kata kunci yang menjadi target susah masuk halaman satu Search Engine Google. Ingin berkonsultasi mengenai perkembangan website bisnis Anda? Segera kontak Satu Digital sekarang juga.

Related Posts