Cara Merawat Air Kolam Renang Agar Tetap Jernih

Cara Merawat Air Kolam Renang Agar Tetap Jernih Jasa SEO Arsitek Kolam Renang SatuDigital.com

Berikut tips cara merawat air kolam renang agar tetap jernih dan bersih. Menikmati suasana rileksasi atau bermain bersama si kecil di kolam renang bisa menjadi rutinitas akhir pekan yang menyenangkan. Kehangatan bersama orang-orang tercinta bisa saja terganggu kalau kondisi kolam renang kurang terjaga. Warna air yang terlihat kotor bisa saja akibat kurang merawat kolam renang. Selain itu kurang terawatnya kolam renang juga bisa mengakibatkan terjadinya iritasi atau gatal-gatal setelah berenang. Ada baiknya Anda tahu cara merawat air kolam renang agar tetap jernih seperti cara berikut ini.

Cara Merawat Air Kolam Renang Menggunakan Bahan Kimia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahan kimia digunakan untuk menjaga kualitas air kolam renang tetap jernih. Anda harus tahu mengenai bahan apa saja yang sering digunakan dengan kadar yang tepat. Pastikan membaca prosedur dalam kemasan bahan sebelum mempraktekkannya ke dalam air kolam renang sendiri, ya!

  1. Klorin

Klorin adalah jenis senyawa kimia yang bisa mengikat kotoran dalam air sehingga kualitas kejernihan air kolam renang terjamin. Banyak sekali orang yang mempraktekkan cara merawat air kolam renang dengan bahan ini. Anda bisa pula mendapatkan klorin dalam bentuk tablet, cair atau butiran. Hal yang perlu Anda ketahui adalah klorin tablet memiliki daya larut yang rendah sehingga harus diberikan sedikit demi sedikit.

Selain itu cara merawat air kolam renang agar tetap jernih dengan menaburkan klorin saat sore hari atau sebelum matahari terbenam dan biarkan selama semalam penuh. Pada siang hari, panas matahari bisa menurunkan kadar klorin sehingga Anda tidak disarankan menabur klorin saat terik matahari menyengat. Lakukan pemberian klorin tinggi pada kolam renang setidaknya seminggu sekali.

  1. Cyanuric Acid

Cyanuric Acid bisa saja terkandung dalam klorin yang bisa menyeimbangkan pH air. Namun jika klorin yang Anda beli tidak mengandung cyanuric acid, sebaiknya tambahkan bahan ini secara terpisah agar kadar pH air normal atau berada antara 7,2-7,8 dan klorin bisa menjernihkan air kolam renang cara maksimal.

  1. Algaecide

Agar kolam renang tetap jernih pastikan tidak ada kerak atau lumut yang menempel di dasar kolam atau dinding kolam renang. Cara merawat air kolam renang agar tetap jernih, yaitu Anda bisa menggunakan bahan kimia Algaecide yang mencegah pertumbuhan lumut. Penambahan Algaecide diberikan setelah shock treatment pada kolam renang seminggu sekali.

Baca Juga :  Cara Menyimpan Sepatu Yang Baik dan Benar

Memiliki kolam renang sendiri di rumah memang menyenangkan, namun Anda harus memperhatikan cara merawat air kolam renang yang benar. Apalagi anak-anak suka berenang bisa saja terkena iritasi kulit dan mata jika air kolam renang kotor. Pastikan pula Anda memiliki alat pengecek air dalam kolam renang. Hal ini untuk memastikan kadar pH air kolam renang tidak terlalu tinggi. Kadar yang dianjurkan antara lain klorin 1-3 ppm, Cyanuric Acid 40-100, Alkalinitas  80-120 ppm dan pH air kadar normal 7,2-7,6.

Cara Membersihkan Kolam Renang

Anda memang bisa mempraktekkan cara merawat air kolam renang agar tetap jernih dengan mengaplikasikan penggunaan bahan kimia di atas. Namun sebaiknya Anda juga tetap berupaya menjaga kebersihan kolam renang agar air tetap bersih dan jernih berikut ini.

  1. Saat proses pembersihan kolam renang, Anda bisa mengepel lantai kolam renang menggunakan produk pembersih kerak yang banyak tersedia di toko atau supermarket. Cara ini bisa mencegah lumut dan bakteri menempel pada lantai kolam renang sehingga air gampang sekali kotor.
  2. Membersihkan kotoran seperti dedaunan kering, serangga atau objek organik lain yang mengapung di kolam renang. Cara merawat air kolam renang tetap bersih adalah Anda tidak boleh menganggap remeh hal yang bisa memicu pertumbuhan bakteri ini. Anda bisa menggunakan jaring halus untuk membersihkan sisa kotoran yang mengapung.
  3. Selain itu, Anda juga bisa menyaring debu yang mengambang di permukaan kolam renang menggunakan leaf skimmer. Cara ini bisa mencegah debu menumpuk dan mengendap di dasar kolam sehingga menjadi rumah yang cocok untuk pertumbuhan alga atau lumut.
  4. Gunakan pengisap bawah air yang bisa mengangkat kotoran seperti lumut dan kerak yang mengendap di dasar kolam atau dinding kolam renang. Anda bisa melakukan pembersihan seperti ini setidaknya sekali dalam seminggu.
Baca Juga :  Tips Memilih Jasa Service AC Terpercaya

Cara merawat air kolam renang agar tetap jernih penting Anda perhatikan jika ingin kenyamanan berenang atau bermain bersama anggota keluarga terjamin. Karena jika pemandangan air yang kotor bisa merusak mood Anda jika suka menikmati suasana di pinggir kolam renang. Pastikan pula keselamatan anak-anak saat berenang dengan melakukan pembersihan kolam renang rutin. Lantai atau dasar kolam renang yang licin tidak berisiko menyebabkan terpeleset atau jatuh.

Apakah air kolam renang Anda senantiasa bersih, jernih dan memiliki kadar pH seimbang? Segera lakukan cara merawat air kolam renang di atas agar kualitas air di kolam renang rumah Anda tetap jernih, ya! Sekian tips cara merawat air kolam renang agar tetap jernih dan bersih.

Related Posts