Berbagai Jenis Bahan Stiker Di Dunia Percetakan

Berbagai Jenis Bahan Stiker Di Dunia Percetakan SatuDigital

Stiker merupakan salah satu media promosi yang diminati oleh pelaku usaha maupun organisasi nirlaba. Anda bisa memanfaatkan stiker untuk berpromosi dengan terlebih dahulu mengenal jenis bahan stiker yang banyak dipakai di dunia percetakan.

Jenis Bahan Pembuat Stiker yang Banyak Digunakan di Dunia Percetakan

Stiker umumnya berupa kertas dengan salah satu sisinya memiliki daya rekat yang kuat sehingga bisa ditempelkan di berbagai jenis permukaan media. Bentuk stiker bisa beragam sesuai dengan kegunaan dan informasi yang direpresentasikannya. Daya tahan stiker juga beragam sesuai dengan kualitas cetakan dan bahan pembuat stiker. Beberapa bahan yang sering dipakai untuk membuat stiker di antaranya :

Kertas Stiker Yupo

Kertas stiker Yupo merupakan bahan stiker yang terbuat dari bahan sintetis. Kertas ini banyak dipakai sebagai stiker karena memiliki ketahanan sangat baik terhadap minyak, air dan bahan kimia lainnya. Karena ketahanannya, kertas ini sangat cocok dijadikan bahan stiker barcode, brosur, label maupun stiker yang dikhususkan untuk aktivitas luar ruangan.

Kertas Stiker Vinyl

Jenis bahan stiker yang tahan air lainnya yakni kertas stiker vinyl. Kertas stiker ini memiliki tekstur plastik yang lentur serta permukaan yang glossy. Kertas vinyl lebih cocok dijadikan stiker yang ditempelkan di media luar ruangan karena memiliki ketahanan terhadap cuaca dan air sangat baik. Kertas vinyl tak bisa dicetak memakai printer inkjet biasa sehingga harus dicetak menggunakan printer laser.

Kertas Stiker Gold Foil

Kertas stiker gold foil  atau sering juga disebut dengan gold leaf (kertas emas) memiliki bentuk layaknya pigmen tipis yang kuat. Kertas gold foil berbeda dengan kertas lainnya yang biasanya menggabungkan kertas stiker dan perekat stiker. Kertas gold foil perekatnya tak digabung menjadi satu.

Baca Juga :  Manfaat Arang Binchotan Bagi Kesehatan

Sehingga cara menggunakannya dengan merekatkan kertas pada media yang hendak ditempel memakai lem khusus stiker. Sesuai dengan namanya, kertas gold foil biasanya dipakai agar media yang ditempel stiker berwarna keemasan. Anda bisa menempelkan jenis bahan stiker ini pada beberapa media seperti kubah masjid, ukiran kayu, kaligrafi, gypsum, tembok, plafon, genteng rumah, lisplang, daun pintu dan media lainnya.

Kertas Stiker Bontax

Kertas stiker bontax memiliki daya rekat yang tinggi meski teksturnya seperti kertas biasa. Karena daya rekatnya tinggi, stiker yang terbuat dari kertas bontax biasanya ditempelkan pada beragam kemasan produk. Anda bahkan bisa membuat stiker sendiri menggunakan kertas ini dengan memotongnya sesuai ukuran HVS baru kemudian mencetaknya pakai printer inkjet. Agar stiker lebih tahan lama, sebaiknya tambahkan laminasi pada saat finishing.

Kertas Stiker Chrome

Kalau Anda sering bergelut dengan dunia modifikasi motor, tentu tak asing lagi dengan jenis bahan stiker chrome. Kertas stiker ini paling sering dipakai untuk melapisi body kendaraan bermotor agar terhindar dari lecet atau goresan. kertas stiker chrome memiliki lapisan berkilau atau lapisan glitter yang membuat tampilan media yang ditempel terlihat mengkilap.

Kertas HVS

Kertas HVS juga bisa dijadikan bahan pembuat stiker. Kertas berukuran A4 ini mudah diolah menjadi stiker karena bisa dicetak memakai printer inkjet biasa. Stiker dari kertas HVS biasanya dipakai pada stiker dalam ruangan. Kertas HVS memiliki daya tahan rendah dan mudah rusak terkena air sehingga kurang cocok dijadikan stiker luar ruangan.

Kertas Stiker Chromo

Jenis bahan stiker Chromo merupakan kertas stiker dengan tekstur licin. Kerta stiker chromo memiliki daya lekat tinggi sehingga bagus dipakai untuk mencetak separasi maupun promosi. Anda bisa menggunakan kertas stiker ini untuk stiker pilkada, promosi maupun label botol. Sayangnya kertas stiker ini tak tahan air sehingga mudah luntur dan cocok dipakai sebagai stiker indoor.

Baca Juga :  Tips Memilih Cat Tembok Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Kertas Stiker Scotchlite

Kertas stiker  scotchlite memiliki daya lekat yang cukup tinggi. Anda bisa menemukan jenis stiker ini dengan mudah. Stiker scotchlite biasanya agak tipis dan bisa memantulkan cahaya sehingga banyak dipakai pada modifikasi motor dengan efek tampilan motor berkilau. Meski daya rekatnya tinggi, stiker scotchlite mudah mengelupas sehingga Anda harus mempertimbangkan dengan matang apabila ingin menempelkannya di body motor. Harga stiker scotchlite per meternya berkisar Rp. 40 ribuan.

Kertas Stiker Oracal

Jenis bahan stiker oracal memiliki karakter tidak memantulkan cahaya, lentur dengan ketahanan warna yang bagus. Karena sifatnya yang lentur, stiker ini mudah ditempelkan di body motor. Biasanya stiker oracal dijual dengan harga sekitar Rp. 80 ribuan per meternya. Apabila dipakai untuk menutupi body motor, setidaknya Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp. 600 ribuan – Rp. 2,5 jutaan.

Kertas Stiker D-Cifix

Kertas stiker D-Cifix biasa dipakai sebagai lapisan dasar body motor. Anda bisa menggunakan jenis bahan stiker ini membuat efek minimalis pada body motor tanpa efek tambahan lainnya. harganya yang murah hanya sekitar Rp. 20 ribuan per meter membuatnya banyak dipilih oleh modifikator motor yang berbudget minim.

Itulah beberapa jenis bahan stiker yang sering digunakan di dunia percetakan. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan jenis stiker yang akan digunakan. Setiap sticker memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat menyesuaikannya juga dengan budget yang ingin dikeluarkan. Poin pentingnya adalah apakah Anda akan menggunakan stiker di dalam ruangan atau diluar ruangan. Sekian pembahasan mengenai berbagai jenis bahan stiker di dunia percetakan.

Related Posts