Tips Memilih Cat Tembok Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Tips Memilih Cat Tembok Berkualitas Dengan Harga Terjangkau Jasa SEO Jakarta

Cat tembok yang berkualitas dari brand ternama biasanya dijual dengan harga cukup mahal. Namun bukan berarti Anda tak bisa mendapatkan cat tembok berkualitas dengan harga ekonomis. Ini tips memilih cat tembok berkualitas dengan harga bersahabat.

Cara Memilih Cat Tembok Murah Berkualitas

Sulitnya memilih cat tembok yang bagus untuk rumah dengan modal ekonomis menjadi permasalahan banyak orang ketika hendak merenovasi rumah. Belum lagi memilih cat tembok tak bisa sembarangan karena Anda harus mempertimbangkan mengenai luas ruangan, warna furniture, kombinasi warna dasar dan lainnya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan apabila hendak mencari cat tembok yang bagus namun harganya gak selangit.

Hitung Biaya Keseluruhan

Faktor biaya menjadi salah satu pertimbangan utama ketika memutuskan untuk mengecat ulang ruangan maupun mendekorasi rumah. Tips memilih cat tembok yang pertama yakni mempertimbangkan berapa luas ruangan yang hendak dicat ulang, berapa banyak jumlah cat yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh tembok ruangan tersebut dan informasi mengenai warna cat tembok yang hendak dipilih. Pertimbangkan pula apakah keputusan untuk memilih cat tembok murah nantinya akan menghemat biaya perawatan rumah dalam jangka panjang. Jangan lupa pula untuk membandingkan harga cat murah dari beberapa produsen cat tembok.

Agar lebih mudah dalam mengalokasikan dana pengecatan, buatlah perencanaan dari biaya total pengecatan rumah. Hal ini bermanfaat untuk membantu Anda menghemat biaya pengecatan dan membuat waktu pengecatan lebih efisien. Pastikan semua cat yang terbeli nantinya akan terpakai seluruhnya sehingga tak banyak yang tersisa.

Hitung Daya Sebar Cat

Tips memilih cat tembok selanjutnya adalah menghitung daya sebar cat. Total biaya pengecatan yang akan Anda habiskan sangat bergantung pada ukuran ruangan yang hendak dicat. Anda bisa menghitung luas area dan kebutuhan cat dengan cara menghitung luas dinding menggunakan rumus panjang x lebar ruangan kemudian dikurangi luas pintu dan jendela. Setelah itu, hitung volume cat yang Anda butuhkan dengan rumus luas dinding dibagi dengan 2x daya sebar cat.

Baca Juga :  Pengertian Landing Page Website dan Manfaatnya

Umumnya daya sebar cat tercantum pada kemasan cat tembok. Daya sebar cat tembok interior dan eksterior tentu berbeda. Kemampuan daya sebar cat tersebut bisa mempengaruhi total biaya pengecatan. Semakin luas daya sebar cat tiap galonnya, maka semakin banyak dana yang bisa dihemat.

Melakukan Simulasi Biaya

Bila ingin lebih mudah memahami pengeluaran biaya pengecatan, buatlah simulasi biaya pengecatan. Sebagai contoh sebuah merk cat tembok berkapasitas 3 liter dijual dengan harga Rp. 102.500 dengan daya sebar 12-13 meter persegi per liternya. Apabila ukuran ruangan yang hendak di cat panjangnya 6 meter dan lebarnya 4 meter, maka luas ruangan tersebut adalah 24 meter persegi. Kebutuhan cat tembok merk tersebut untuk bisa menutup seluruh area tembok ruangan tersebut adalah 6 liter atau 2 kemasan dengan total biaya membeli cat Rp. 205.000.

Pertimbangkan Durasi Cat Mengering

Durasi cat mengering atau waktu kering sentuh menjadi pertimbangan lain ketika memilih cat tembok berkualitas selain daya sebar cat. Waktu kering sentuh merupakan waktu yang diperlukan bagi cat untuk mengering dan aman disentuh tanpa menempel di jari Anda setelah pengaplikasian cat selesai. Tips memilih cat tembok ini penting karena semakin singkat waktu kering cat, maka semakin cepat aktivitas pengecatan bisa diselesaikan.

Apabila cat lebih cepat kering, maka tukang cat bisa melanjutkan pekerjaannya tanpa takut cat tembok hilang karena tersentuh. Semakin cepat aktivitas pengecatan, tentu akan semakin hemat total biaya pengecatan. Umumnya cat tembok yang bagus memiliki waktu kering sentuh yang aman setelah 20 menit.

Pilih Cat Tembok Yang Tahan Lama

Tips memilih cat tembok selanjutnya adalah memilih cat yang tahan lama. Pastikan cat yang Anda pilih tahan lama dan tak cepat pudar maupun mengelupas.     Cat yang mudah pudar membuat Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan pengecatan ulang dalam jangka waktu dekat. Akan lebih baik bila Anda memilih cat yang terjamin keawetannya dan harganya tak terlalu mahal. Umumnya cat tembok yang bagus namun harganya bersahabat memiliki garansi cat 5 tahun.

Baca Juga :  Tips Optimasi Gambar Agar SEO Friendly dan Berkualitas

Pilih Cat Tembok Yang Sehat

Tips memilih cat tembok ini sering diabaikan oleh pemilik hunian. Memilih cat bukan hanya mementingkan murahnya, tapi juga keamanannya bagi kesehatan. Kandungan berbahaya yang sering ditemukan di dalam cat tembok adalah kandungan zat merkuri dan timbal. Paparan zat merkuri bisa memicu masalah pernapasan, kerusakan pembuluh darah, kanker, penurunan kecerdasan otak, penyakit jantung hingga gangguan syaraf.

Oleh karena itu perhatikan kadar VOC (Volatile Organic Compound) atau kandungan senyawa organik pada cat tembok sebelum membelinya. Kadar VOC yang melebihi ambang batas bisa menyebabkan cat tembok menjadi zat yang mengancam kesehatan. Tips memilih cat tembok yang aman adalah sebisa mungkin pilih cat tembok yang sudah memenuhi standar ISO 14001 dan memiliki sertifikasi ramah lingkungan Green Listing. Sekian pembahasan mengenai tips memilih cat tembok berkualitas dengan harga terjangkau.

Related Posts