Memahami Berbagai Jenis Alat Pemadam Api

Memahami Berbagai Jenis Alat Pemadam Api Satu Digital Com Jasa SEO

Apakah Anda memahami berbagai jenis alat pemadam api yang ada disekitar kita? Alat pemadam api kebakaran bisa kita lihat pada sekitar lingkungan, ternyata jenis alat pemadam api banyak juga. Bila kita melihat alat pemadam, maka jelas ada yang berbeda-beda. Maksudnya antara alat pemadam api di gedung satu dengan lainnya sangat beda. Hal tersebut dikarenakan jenis alat pemadan api yang digunakan menyesuaikan dengan kebutuhannya. Tentunya semua jenis alat pemadam fungsinya tetap sama yaitu untuk mematikan api.

Mungkin ada sedikit perbedaan fungsi dari setiap jenis alat pemadam api. Misalkan pada penggunaannya yaitu untuk gedung yang luas atau kecil. Bila gedung yang luas, maka disarankan untuk menggunakan alat pemadam api khusus untuk gedung supaya dapat maksimal saat memadamkan api jika terjadi kebakaran.

5 Jenis Alat Pemadam Api Beserta Fungsinya

Pengetahuan tentang jenis alat pemadam api sangat diperlukan, tujuannya yaitu agar dapat menggunakannya setiap ada kebakaran didekat Anda. Mengetahui secara detail tentang berbagai macam jenis alat pemadam api maka dapat membuat Anda semakin paham mengenai alat tersebut. berikut ini merupakan jenis alat pemadam api yang harus diketahui.

  1. Alat Pemadam Api Portable

Jenis alat pemadam api  ini sangat mini dengan berat 1 hingga 2 kg, jadi mudah dibawa oleh seorang saja. Alat pemadam api portable ternyata hanya dapat digunakan untuk memadamkan api yang berukuran kecil saja. Ke istimewaan yang dimiliki oleh alat pemadam ini yaitu dapat diisi ulang. Bila isinya habis setelah digunakan maka, Anda dapat mengisinya kembali. Namun ada pula Pemadam Api portable yang hanya untuk sekali pakai dan tidak dapat di isi ulang kembali contohnya FireStop.

  1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

APAR merupakan alat pemadam yang mudah digunakan. Ada 3 jenis APAR yang sering digunakan yaitu APAR yang berisi dry chemical powder, foam, dan CO2. Berat dari APAR ini pada umumnya yaitu 1 sampai 9 kg, namun khusus APAR yang berisi CO2 hanya disediakan dengan berat 2 sampai 7 kg saja. Jenis alat pemadam api APAR sangat banyak, oleh sebab itu Anda bisa membeli jenis APAR yang tepat untuk berbagai jenis ruangan.

  1. Alat Pemadam Api Trolley

Alat pemadam api jenis trolley merupakan salah satu jenis alat pemadam yang memiliki sebuah roda. Kelengkapan roda pada alat membuatnya lebih mudah dibawa keseluruh penjuru tempat terjadinya kebakaran. Alat ini biasa digunakan pada tempat pengisian bahan bakar yang dekat dengan jalan raya. Isi dari tabung alat pemadam trolley sangat banyak yaitu sekitar 20 hingga 80 kg.

Baca Juga :  Apa itu SEO dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online?

Bila ingin mengoperasikan alat ini maka setidaknya harus bersama dua orang. Bila hanya satu orang saja maka dijamin tidak akan kuat. Sebenarnya ada alat pemadam trolley yang berukuran kecil yaitu yang berisi carbon dioxide, ukurannya yaitu 9 hingga 45 kg saja. Umumnya APAR Trolley atau biasa disebut APAB diletakan di area gedung bertingkat, area stasiun kereta, mall, ruko, bandara dan berbagai tempat lainnya.

  1. Hidrant

Hindrant merupakan alat pemadam api dengan ukuran besar. Alat pemadam ini lebih mirip dengan sumber air. Biasanya hydrant diletakkan di jalan dekat trotoar. Bila dilihat dari letakknya, maka alat pemadam api hydrant digunakan untuk memadamkan api pada sekitar jalan raya jika terjadi kebakaran.

  1. Alat Pemadam Api dengan Thermatic System

Alat pemadam api thermatic sangat berbeda karena dipasang menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Kinerja alat ini secara otomatis, contohnya seperti saat alat ini diletakkan pada ruangan. Kemudian tiba-tiba ada asap api dan melewati sensor alat pemadam  thermatic yang dipasang diatasm maka air secara otomatis turun untuk memadamkan api. Biasanya alat ini dipasang pada ruang kamar hotel, kantor dan lainnya.

Informasi tentang jenis alat pemadam api di atas pastinya dapat membuat Anda semakin paham mengenai alat tersebut. Anda bisa mengendalikannya dengan mudah karena alat tersebut memiliki bagian yang mudah dipahami.

 Harga Jenis Alat Pemadam Api

Apakah Anda ingin membeli alat pemadam api kebakaran? Anda bisa membelinya dipenjual alat pemadam api. Bagaimana dengan harganya? Harga yang ditawarkan untuk setiap jenis alat pemadam api tentunya sangat berbeda. Semakin besar dan bagus alat pemadam api yang ditawarkan, maka harganya pasti lebih mahal. Alat pemadam api yang berukuran standar, biasanya dipatok dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Tips Memilih Jasa Service AC Terpercaya

Sekarang Anda bisa memilih jenis alat pemadam api yang diinginkan. Pastikan sebelum membelinya Anda harus melihat dahulu alat pemadamnya dan detail fungsinya. Sekian pembahasan mengenai berbagai jenis alat pemadam api yang perlu diketahui.

Related Posts